Free Image Hosting

12/07/2012

Tinjauan Jurnal Lokal

Judul   : Pengaruh Struktur Ekonomi pada Penyerapan Tenaga Kerja Sektoral: Analisis Model Demometrik di 30 Propinsi pada 9 Sektor di Indonesia
Penulis   : Ignatia Rohana Sitanggang dan Nachrowi Djalal Nachrowi
Penerbit   : Jurnal Ekonomi dan Pengembangan Indonesia (JEPI)

      Struktur ekonomi Indonesia pada 1980-2000 secara nasional mengalami perubahan dari sektor pertanian kesektor-sekor lainnya. Dalam jurnal ini dipergunakan model demometrik untung menganalisis penyerapan tenaga keja dalam struktur ekonomi dengan menggunakan panel data.
Sembilan sektor diantaranya adalah; sektor manufaktur, sektor bangunan, sektor listrik, gas, air minum, sektor pengangkutan, sektor perdagangan, hotel, restoran, sektor jasa, sektor pertanian, sektor keuangan, Persewaan, dan sektor pertambangan.
      Pada 17 propinsi, yakni; Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Kalbar, Kalsel, Kalteng, Lampung, Maluku, Malut, NTB, NTT, Sulsel, Sulteng, Sultra, Sulut, Sumbar, dan Sumut bertumpu pada sektor pertanian. Serta pada 13 propinsi lainnya; Babel, Bali, Banten, DIY, DKI Jaya, Jabar, Jateng, Jatim, Kaltim, NAD, Papua, Riau, dan Sumsel bertumpu pada sektor manufaktur, sektor perdagangan, hotel-restoran, jasa, dan sektor bangunan.

Sumber: http://www.jurnal.lipi.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar