Free Image Hosting

3/23/2012

Dampak Globalisasi dan Kehidupan Masyarakat

Dampak Globalisasi dan Kehidupan Masyarakat

Globalisasi atau bisa kita sebut juga gejala yang terjangkit secara mendunia. Gejala tersebut menyebar bagaikan virus yang disinyalir membawa pengaruh yang baik maupun buruk. Dampak-dampaknya dapat terjadi tidak hanya pada satu bidang, ia dapat membawa satu virus atau lebih dan mengakibatkan proses perubahan terhadap suatu bidang bahkan sampai pada suatu keyakinan pada negara tersebut.

Globalisasi sebelumnya telah diperkenalkan lewat kolonialisasi dan skema perdagangan oleh negara-negara luar. Pengaruh lewat budaya serta keyakinan agama yang mereka bawa telah merubah hal-hal yang bersifat fundamental pada masyarakat kita hingga hari ini.

Dewasa ini atau lebih tepatnya pada tahap peremajaan ini dampak globalisasi pada masyarakat Indonesia dapat kita jumpai di depan mata kita. Dari nilai budaya dasar yang kian memudar akibat perkembangan zaman sampai keyakinan dari sudut pandang politik, hukum dan keamanan, serta agama yang sekiranya telah mendapat pencitraan umum dari masyarakat baik atau buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar