Free Image Hosting

3/23/2012

Gejala Sosial dalam Masyarakat


Gejala Sosial dalam Masyarakat

Gejala sosial menurut saya adalah suatu peristiwa yang kerap terjadi pada suatu lapisan masyarakat tertentu baik masyarakat yang berpola kehidupan tradisional maupun modern. Gejala-gejalanya beraneka ragam mengikuti perkembangan zaman dari yang kecil sampai besar, yang singkat sampai berkepanjangan, baik dari hal yang lumrah terjadi sampai yang tidak.

Kecendrungan dan kecemburuan sosial merupakan suatu gejala yang patut kita bahas dalam gejala sosial ini. Dari individu, masyarakat, bangsa, serta masyarakat dunia, tidak akan lepas terhadap suatu pemikiran yakni Hak Asasi Manusia. Hak yang secara penuh harus didapati oleh setiap individu manusia. Gejala inilah yang pada umumnya penyebab gejala-gejala sosial buruk lainya terjadi. Lewat ketimpangan hukum, kepemihakan politik, struktur ekonomi yang tidak selaras dengan pencapaian hak yang seharusnya, sampai ketidakmerataan kesejahteraan sosial pada masyarakat.

Berbagai kalangan sibuk memerangi masalah ini serta ada pula kalangan lainnya yang justru membiarkan masalah ini dan kemenangannya masih diperjuangkan oleh keduanya lewat hasil-hasil yang mereka peroleh hingga hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar